DINAS SOSIAL

Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Pendamping PKH menerima Motor Dinas

Pendamping PKH menerima Motor Dinas

Sebanyak 40 Unit Motor Dinas dibagikan Kepada Pendamping Program Keluarga Harapan yang bertugas di Kabupaten Mukomuko ...

Penyaluran Bansos Rastra

Penyaluran Bansos Rastra

Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko memantau langsung proses penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di wilayah Kecamatan Ipuh, Selasa 12 Maret 2019   ...

Sosialisi Bantuan Pangan Non Tunai Kecamatan Ipuh

Sosialisi Bantuan Pangan Non Tunai Kecamatan Ipuh

Pada Tanggal 26 Februari 2019 telah Dilaksanakan Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrembangcam) Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko yang dihadiri Oleh Camat beserta aparat kecamatan, Bappeda,Dinas sosial Kabupaten Mukomuko, Perwakilan SKPD ...

Bupati Mukomuko Luncurkan Penyaluran Bansos PKH 2019

Bupati Mukomuko Luncurkan Penyaluran Bansos PKH 2019

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Choirul Huda meluncurkan penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan tahap satu tahun 2019 di gedung serba guna Desa Lubuk Mukti, Kecamatan Penarik.Peluncuran penyaluran bansos program PKH tahap satu tahun ...

Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Selalu Hadir di tengah Masyarakat

Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Selalu Hadir di tengah Masyarakat

Pada hari Kamis, 7 Maret 2019 Pemerintah Kabupaten Mukomuko menyalurkan Bantuan untuk Keluarga Korban Tenggelam di Desa Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman. Bantuan yang diberikan berupa Beras, Family Kit, Makanan Siap Saji, Mie Instan, ...

Profil Organisasi Perangkat Daerah

Diperbarui 21 September 2018 20:23 WIB


Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko


Jalan Imam Bonjol Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Mukomuko Kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko Telepon (0737) 5200004 Fax. (0737) 5200004 Kode Pos 38365 Email : dinsos@mukomukokab.go.id 



Ruang Lingkup Kegiatan Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko

Berdasarkan Peraturan Bupati Mukomuko Nomor 37 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, maka Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang sosial. Berkaitan dengan hal tersebut, Pembangunan Kesejahteraan Sosial saat ini dan kecenderungan pada perkembangan permasalahan kesejahteraan sosial di masa datang, maka arah dari pembangunan kesejahteraan sosial tersebut dapat dijabarkan ke dalam pokok-pokok program pembangunan kesejahteraan sosial sebagai berikut:

1.   Program Administrasi Perkantoran

1)     Penyedia Jasa Surat Menyurat

2)     Penyedia Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

3)     Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

4)     Penyediaan jasa Kebersihan kantor

5)     Penyediaan Alat Tulis kantor

6)     Penyediaan barang cetakan dan Penggandaan

7)     Penyediaan Komponen istalasi Listrik/ penerangan bangunan Kantor

8)     Penyediaan  Peralatan dan perlengkapan kantor

9)     Penyediaan bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan

10)  Penyediaan makanan dan minuman

11)  Rapat-rapat koordinasi adan konsultasi ke luar daerah

12)  Rapat-rapat koordinasi adan konsultasi ke dalam daerah

13)  Penyediaan Jasa Kantor

2.   Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

1)     Pengadaan peralatan gedung kantor

2)     Pengadaan meubeler

3)     Pemeliharaan Rutin/ berkala kendaraaan Dinas/ Operasional

4)     Pemeliharaan Rutin/berkala peralatan gedung kantor

5)     Pemeliharaan Rutin/berkala gedung kantor

6)     Pembangunan Jalan garasi dan gudang Kantor(buffer Stock)

7)     Pembangunan Garasi( Perahu Dolpin dan Kendaraan Dinas)

3.   Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

1)     Kegiatan Kursus-kursus lainnya

4.   Program Pemberdayaan Fakir Miskin, Komonitas Adat Terpencil (KAT) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

1)     Peningkatan kapasitas pendamping dan Operator Program Keluarga harapan

2)     Penyuluh Peningkatan Kemampuan ( Capbility Building) Petugas dan Pendampinga Sosial pemberdayaan Fakir Miskin , KAT dan PMKS lainnya

3)     Pembinaan Kelembagaan dan Kapasitas Karang Taruna

4)     Bimbingan Teknis peningkatan kualitas SDM Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

5)     Pembentukan Organisassi Sosial

6)     Pelatihan Keterampilan bagi Penyandang Cacat

7)     Pembinaan Program Keserasian Sosial

8)     Penyaluran beras kesejahteraan Keluarga (RASTRA)

9)     Pelatihan Keterampilan Berusaha bagi penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

10) Penyuluh penguatan kapasitas masyarakat dalam deteksi dini mititasi bencana

11)  Sesi Pembangunan Keluarga ( Family Development Session)

5.   Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial

1)     Bantuan Penyandang Cacat berat

2)     Pelatihan Keterampilan bagi perempuan rawan sosial Ekonomi (PRSE)

3)     Sosialisasi Parenting Skill bagi Keluarga lanjut Usia telantar

4)     Pendampingan anak berhadapan dengan hukum(ABH)

5)     Pelayanan sosial bagi orang terlantar dan orang tidak Dikenal

6)     Pelaksaan Evakuasi Bencana Skala Kabupaten

7)     Penyelenggaraan Distribusi Buffer Stock

6.   Program Pembinaan Panti Asuhan/ Panti Jompo

1)     Pembangunan Gedung Panti Sosial

2)     Pengadaan dan Perlengkapan Gedung Panti

7.   Program Pemberdayaan Kelembagaan kesejahteraan sosial

1)     Peningkatan Kapasitas (Capasity Building) Organisasi Sosial dalam penanganan Masalah Sosial

2)     Peringan hari kesetiakawanan Sosial Nasioanal

3)     Pendidikan dan Pelatihan Bagi Tenaga kesejahteraan Sosial Kecamatan

4)     Penyuluh peran Aktif Masayarakat dan Dunia Usaha

5)     Pembanguan Gudang Buffer Stock

8.   Program  Peningkatan Penanggulangan NAPZA Penyakit Menular sesuai termasuk HIV/ AIDS

1)     Sosialisasi Deteksi Dini NAPZA dan HIV/AIDS

9.   Program Bantuan dan Jaminan Kesejahteraan Sosial

1)    Pelatihan Keterampilan bagi keluarga Miskin

2)    Pembinaan Kelompok Usaha bersama (KUBE)

3)    Pembinaan Program Asistensi Sosial Lanjut Usia telantar(ASLUT)

4)    Pembinaan Program Asistensi Sosial Penyanadang Cacat Berat

10.                Program Peningkatan Akuntabilitas Kinerja

1)    Pembuatan Laporan Kinerja dan perjanjian Kerja

11.                Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

1)    Menyusu laporan Kinerja, Perjanjian Kinerja dan Laporan keuangan

12.                Program Perencanaan Pembangunan Daerah

Menyusun Laporan Renstra, Renja dan Renja Perubahan

Kepala OPD

Foto Kepala OPD

Bupati

SARONI, SH

Kepala DINAS SOSIAL

Pencarian

Temukan Yang Anda Cari

Layanan Online

Bantuan Secara Online

Web Statistik

Jumlah Pengunjung Website

Hari ini :   72  Pengunjung
Bulan ini :   1287  Pengunjung
Tahun ini :   11630  Pengunjung
Total :   20650  Pengunjung

Link Instansi

External Link